Pemrograman

[Pemrograman][bleft]

Pulpen Ajaib Bisa Redakan Stres

Jakarta - Seorang peneliti dari Delft University of Technology di Belanda menciptakan sebuah pulpen ajaib. Disebut ajaib, karena pulpen tersebut tak sekedar berfungsi untuk menulis tetapi juga bisa meredakan stres.  

Pulpen ajaib itu sebenarnya merupakan bagian dari tugas akhir yang dikerjakan sang peneliti, Miguel Bruns Alonso, untuk meraih gelar Ph.D di kampusnya.

"Pulpen ini tak hanya mengukur kadar stres, tetapi juga membantu meredakannya dengan menurunkan tingkat detak jantung si pengguna," kata Alonso seperti dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (22/12/2010).

Dijelaskan Alonso, pada keseluruhan badan pulpen diliputi semacam sensor 'pengganggu' yang bermanfaat memberikan feedback, kemudian membantu pengguna mengatasi stres dengan cara konstruktif.

Dengan bantuan elektromagnet dan elektronik built-in, pulpen tersebut mendeteksi hentakan tangan yang mengindikasikan stres. Kemudian, secara bertahap pulpen akan menghambat gerakan tangan si pengguna agar mereka menulis lebih lambat, hingga ke titik di mana pulpen bergerak dengan mudah.
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :