Pemrograman

[Pemrograman][bleft]

Nasionalisme Bangsa Indonesia

NASIONALISME BANGSA INDONESIA

Makna Nasionalisme

Secara bahasa nasionalisme barasal dari kata nation, yang berarti bangsa. Jadi nasionalisme adalah pemahaman mengenai nilai-nilai kebangsaan. Han Kohn dalam Budi Cahyo (1995) memberikan makna nasionalisme sebagai suatu paham yang berpendapat bahwa kesetiaan tertinggi individu harus diserahkan kepeda Negara kebangsaan. Dengan makna yang demikian nasionalisme memiliki pokok kekuatan dalam menilai kecintaan individu terhadap bangsanya dan penyerahaan setinggi-tingginya. Bagi bangsa Indonesia, nasionalisme merupakan hal yang sangat mendasar sebab ia telah membimbing dan mengantar bangsa Indonesia dalam mengarungi hidup dan kehidupannya (Budi Cahyo, 20;1995).

Nasionalisme adalah manifestasi kesadaaran bernegara atau semangat bernegara (Slamet Muljana, 3;2008). Sehingga barang siapa yang merasa dirinya adalah warga Negara yang memiliki jiwa nasionalisme, selayaknya membuktikan dengan perbuatan yang nyata untuk menunjukkan rasa cinta negaranya.

Nasionalisme merupakan sebuah paham, sehingga membawa konsekuensi dapat memberikan manfaat dan hasil yang konkret (Budi Cahyo, 23;1995) dengan demikian diperlukan adanya suatu tindakan yang nyata. Tindakan yang nyata ini perlu media atau alat bantu dalam mendukunh dan memperjuangkan ide-ide yang berkaitan dengan manifestas nasonalisme. Salah satu contoh yang telah ada adalah dengan berdirinya Budi Utomo dan Sarekat Islam........

untuk lengkapnya DOWNLOAD disini (gratis)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :