Pemrograman

[Pemrograman][bleft]

NILAI DAN FILSAFAT PANCASILA

NILAI DAN FILSAFAT PANCASILA
Pengertian Pancasila

►Setiap negara (bahkan agama) didirikan atas dasar falsafah tertentu untuk mengetahui arah dan tujuan yang ingin dicapai.
►Falsafah adalah merupakan perwujudan dari watak dan keinginan dari suatu bangsa (rakyat dan bangsanya) sehingga segala aspek kehidupan bangsa harus sesuai dengan falsafahnya
►Falsafah suatu bangsa adalah kristalisasi dari nilainilai yang dimiliki, yang diyakini kebenarannya, menimbulkan tekad untuk mewujudkannya. Banyak Anggapan bahwa Pancasila Tidak Relevan lagi saat ini, oleh sebab….(Azzumardi Azra, 2006)
► Pancasila terlanjur tercemar karena kebijakan rezim Soeharto yang menjadikan Pancasila sebagai alat politik untuk mempertahankan kekuasaannya.
► Liberalisasi politik dengan penghapusan ketentuan yang ditetapkan Presiden BJ Habibie tentang Pancasila sebagai satu-satunya asas setiap organisasi. Penghapusan ini memberikan peluang bagi adopsi asas ideologi lain khususnya yang berbasiskan agama.
► Desentralisasi dan otonomisasi daerah yang sedikit banyak mendorong sentimen kedaerahan yang beresiko menumbukan sentimen local-nationalisme. Dari sudut pandang falsafah, Pancasila dipahami sebagai philosphical way of thingking atau philosophical system, yaitu Pancasila bersifat obyektif ilmiah karena uraiannya bersifat logis dan dapat diterima oleh paham yang lain.Kedudukan, Peranan & Fungsi Pancasila...........


untuk lengkapnya DOWNLOAD disini (gratis)
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :