Pemrograman

[Pemrograman][bleft]

Para Ahli Gempa Sarankan Ibukota Segera Dipindahkan?

Para ahli gempa dunia ternyata sudah memberikan saran akan bahaya gempa besar yang kemungkinan terjadi di Jakarta. Dan kini, diakui Andi Arief, sebagai Staf Khusus Bidang Bencana menuturkan, Presiden SBY sedang mempersiapkan konsep, mempertimbangkan kemungkinan terkait pemindahan Ibukota Jakarta.
“Soal pemindahan, bukan dalam kapasitas saya untuk menjelaskan. Dan saya tidak tahu persis kemana (pemindahan ibukota),” kata Andi saat menggelar jumpa pers di Warung Daun, Minggu (15/04/ 2011).

Dan data yang ia rangkum, Jakarta memang masuk dalam kategoni rawan gempa. Belum ditemukan ada pusat gempa di Jakarta namun potensi gempa besar terdapat di Selat Sunda dan Selatan Jawa.

“Dan historisnya, Jakarta kerap merasakan gempa. Bahkan, dulu Soeharto sempat mewacanakan memindahkan ibukota, Soeharto sudah antisipasi. Dan kalau melihat informasi, ini sudah menjadi pertimbangan. Gejala terkena tsunami sudah ada.Dan para ahli bilang sudah cukup mendesak,” paparnya.

Diungkapkan, entah kapan, dari penelitian terungkap Jakarta akan berpotensi terkena guncangan gempa 8.7 scala richter. Gempa dahsyat ini, tentu saja berpotensi tsunami.

ini menjadi keputusan bersama. Gedung-gedung mana saja yang harus diperbaiki, instalasi milker, bank, internet, harus diselamatkan. Jangan sampai, kita seperti taiwan tahun 2006 lalu, yang sistem internetnya mati hingga 20 hari. Kalau terjadi, maka peradaban bisa mundur,” paparnya.


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :